Posted by: aldyno283 | January 3, 2010

Bakpia Pathuk Khas Yogya

Beberapa hari yang lalu, saya baru saja pulang berlibur bersama keluarga dari Yogyakarta. Di sana saya menemukan banyak sekali sentra oleh-oleh yang menjajakan Bakpia. Ya, bakpia adalah sejenis kudapan ringan khas Yogya yang terbuat dari adonan tepung terigu dan minyak kelapa lalu diisi adonan kacang hijau. Makanan ini memang memiliki citarasa yang khas.

Saya tergelitik untuk mengetahui asal mula nama Pathuk yang menempel di belakang kata Bakpia. Ternyata sejarahnya, pada awalnya sentra pembuatan bakpia berada di sepanjang Jalan Pathuk  (sekarang bernama Jl. KS. Tubun), yang berada di kawasan Kecamatan Ngampilan, Yogyakarta. Lalu saya ingin tahu lebih dalam pula, mengapa jajanan khas Yogya ini banyak sekali merek serta nomornya. Seperti kita ketahui bersama, diantaranya ada yang sudah punya nama atau istilahnya sudah paling terkenal seantero Yogya, seperti bakpia Pathuk 25, 35, 38, 55, 67, 75, 99, dan entah nomor berapa lagi.

Ternyata nomor-nomor tersebut adalah merupakan nomor rumah tempat memproduksi bakpia tersebut yang berada di Jalan Pathuk tadi. Entah bagaimana asal–muasalnya sehingga mereka tanpa kesepakatan menggunakan nomor alamat rumah sebagai merek dagangnya. Barangkali karena di jaman dulu mengambil praktisnya, sehingga begitu saja mengambil nomor rumah sebagai label produknya. Saking banyaknya “nomor” bakpia, sehingga calon pembeli sering malah bingung mau beli yang “nomor” berapa. Akhirnya ya pokoknya beli bakpia, berapapun nomornya, yang penting bukan pia–pia yang lain, lunpia, nopia, apalagi sepia… hehehe.

Popularitas bakpia memang luar biasa. Dapat dipastikan setiap harinya ada belasan bahkan puluhan ribu bakpia bergelindingan di Yogya, apalagi di musim liburan. Harganya rata–rata berkisar Rp10.000 untuk setiap dos isi 20 butir, ada yang lebih mahal sedikit dan ada yang lebih murah sedikit. Sebenarnya tergolong cukup murah. Jadi, bila anda sedang berlibur ke Yogya, maka jangan sampai tidak menjadikan bakpia pathuk khas Yogya sebagai buah tangan untuk keluarga, relasi, atau orang-orang terdekat anda.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: