Posted by: aldyno283 | February 26, 2010

Apa Saja Soft Skills yang Saya Butuhkan?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, saya akan mencoba untuk mengulas sedikit tentang soft skills. Menurut rujukan dari berbagai sumber yang saya ambil soft skills merupakan kecemerlangan individu dalam beberapa aspek seperti sikap dan personaliti, kemahiran berbahasa (berkomunikasi), sikap bersopan-santun, memiliki pergaulan yang luas serta bersikap optimis. Soft skills merupakan pelengkap kepada kemahiran lahiriyah (hard skills) yang juga merupakan keperluan teknikal untuk mendapatkan pekerjaan. Soft skills dibagi menjadi dua kategori yaitu kemahiran individu dan kemahiran interpersonal.

Soft skills pada dasarnya merupakan ketrampilan personal, yaitu ketrampilan khusus yang bersifat non-teknis, tidak berwujud, dan kepribadian yang menentukan kekuatan seseorang sebagai pemimpin, pendengar (yang baik), negosiator, dan mediator konflik. Sedangkan Hard skill bersifat teknis dan biasanya sekedar tertulis pada bio data atau CV seseorang yang mencakup pendidikan, pengalaman, dan tingkat keahlian (teknis). Soft Skills bisa juga dikatakan sebagai ketrampilan interpersonal seperti kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dalam sebuah kelompok.

Kategori soft skills tersebut mencakup:

(a)    kualitas pribadi, misalnya tanggung jawab, kepercayaan diri, kemampuan bersosialisasi, manajemen (pengendalian) diri, dan integritas atau kejujuran;

(b)   ketrampilan interpersonal, misalnya berpartisipasi sebagai anggota kelompok, mengajar (berbagi pengetahuan) ke orang lain, melayani pelanggan, kepemimpinan, kemampuan negosiasi, dan bisa bekerja dalam keragaman.

Setelah mengetahui definisi dari soft skills tersebut, dengan berkaca pada diri saya sendiri maka sudah sepatutnya saya harus memiliki soft skills yang tinggi untuk menyeimbangkan hard skills yang saya miliki.

Soft skills apa saja yang saya butuhkan? Diantaranya adalah:

  1. Kemampuan Berkomunikasi yang Baik: Sudah barang tentu kemampuan berkomunikasi yang baik sangat dibutuhkan di dalam kehidupan berkarir dan juga kehidupan bersosialisasi. Jangan hanya bisa menjadi pendengar yang baik, tetapi berusaha juga untuk menjadi pembicara yang baik dan handal.
  2. Kepercayaan Diri yang Tinggi: Soft skills ini sangat dibutuhkan karena apabila seseorang tidak memiliki kepercayaan diri yang tinggi, maka tentu saja tidak akan memiliki keberanian untuk berekspresi dan mengembangkan diri serta sulit untuk menuangkan ide-ide yang cemerlang dan kreatif.
  3. Kemampuan Untuk  Beradaptasi: Apabila kita dihadapkan oleh sebuah situasi dan kondisi serta lingkungan baru, sudah tentu soft skills ini penting untuk mengatasinya.
  4. Kemampuan Menerima dan Belajar Dari Kritik: Soft skills ini sangat penting dan dibutuhkan dalam kehidupan berkarir, karena apabila semua yang kita kerjakan dan menurut diri kita sudah baik belum tentu orang lain juga berkata demikian. Ada kalanya apa yang kita lakukan dan kerjakan menuai kritik dari banyak orang, tetapi jangan jadikan kritik itu sebagai pebghancur mental dan semangat kita, melainkan ambil sisi positif dari kritikan tersebut sehingga menjadi motivasi kita untuk lebih baik lagi kedepannya.
  5. 5. Bertindak Sebagai Team Work: Di dalam dunia kerja kita pasti dihadapkan dengan situasi dimana kita harus bekerja sebagai suatu tim. Kita harus berusaha untuk bersikap secara profesional dan mampu untuk berkoordinasi serta kooperatif di dalam tim tersebut.
  6. 6. Etos Kerja yang Kuat: Selalu besemangat dan memiliki motivasi serta berdedikasi terhadap sebuah pekerjaan yang sedang dilakukan.
  7. Kemampuan Memecahkan Masalah: Harus berfikir brilliant dan terus menghasilkan ide-ide kreatif dan cemerlang untuk mengatasi permasalahan yang ada. Jangan mudah menyerah dan berputus asa serta lari dari permasalahan, karena itu tidak akan menyelesaikan masalah, justru malah akan timbul permasalahan yang baru.
  8. Berjiwa Pemimpin: Jiwa kepemimpinan akan membuat seseorang memiliki tanggung jawab dan dapat bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri serta lingkungan sekitarnya.
  9. Kedisiplinan yang Tinggi: Sesorang akan dapat terlihat komitmennya serta keprofesionalitasannya apabila memiliki kedisiplinan yang tinggi.
  10. Kemampuan Mengatur Waktu: Bila ingin menjadi seorang yang profesional sudah tentu harus memiliki kemampuan mengatur waktu yang baik, sehingga tahu mana hal yang harus diprioritaskan terlebih dahulu dan dapat menggunakan waktu secara arif dan bijaksana.

Demikianlah diantaranya beberapa soft skill yang sekiranya sangat saya butuhkan guna menyeimbangi hard skills yang saya miliki.


Responses

  1. Pertamax!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: