Posted by: aldyno283 | February 26, 2010

Mengapa Harus Belajar Bahasa Indonesia?

Bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti. Dari definisi tersebut dapat kita simpulkan bahwa bahasa adalah suatu alat untuk dapat saling berkomunikasi dan berinteraksi antar manusia, karena bahasa sangat erat kaitannya dengan kognisi pada manusia, sebab dinyatakan bahwa bahasa adalah fungsi kognisi tertinggi dan tidak dimiliki oleh hewan.

Setelah mendapat penjelasan diatas, maka kembali ke persoalan bahwa “Mengapa Harus Belajar Bahasa Indonesia?”

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia dan bahasa persatuan Bangsa Indonesia. Bagi bangsa Indonesia, bahasa Indonesia merupakan symbol dan identitas kultural maupun politis yang menjadi rantai pengikat kuat dalam membangun kebersamaan sebagai sebuah komunitas di dalam keberanekaragaman kepentingan. Sebagai sebuah rantai pengikat, bahasa Indonesia yang dideklarasikan sebagai identitas tunggal kebahasaan lebih dari setengah abad yang lalu telah teruji mampu mempersatukan beragam kepentingan dan latar belakang etnis maupun agama.

Bangsa Indonesia memiliki keberagaman nilai budaya yang sangat luas, terhampar dari Sabang hingga Merauke. Dalam konteks perbedaan nilai budaya yang beragam tersebut, maka perlu dibangun ruang dialog kebahasaan yang lebih terbuka. Ruang ini penting untuk memberikan kesempatan yang sama besar bagi nilai-nilai lokalitas maupun etnisitas dalam memberikan pengayaan terhadap bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang hidup, yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan, maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing. Meskipun saat ini dipahami oleh lebih dari 90% warga Indonesia, Bahasa Indonesia tidak menduduki posisi sebagai bahasa ibu bagi mayoritas penduduknya. Sebagian besar warga Indonesia berbahasa daerah sebagai bahasa ibu. Penutur Bahasa Indonesia kerap kali menggunakan versi sehari-hari (kolokial) dan/atau mencampuradukkan dengan dialek Melayu lainnya atau bahasa ibunya.

Oleh sebab itu, maka sudah seharusnya sebagai generasi muda kita harus lebih dalam lagi mempelajari dan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar untuk kehidupan sehari-hari. Kita harus bangga berbahasa Indonesia, sebab bahasa adalah merupakan identitas suatu bangsa dan juga bahasa yang sempurna dapat menunjukkan peradaban yang tinggi dari bangsa pemilik bahasa tersebut. Sebagai bangsa yang besar, sudah sepatutnya kita menunjukkan identitas dan peradaban bangsa kita kepada dunia dengan mencintai dan mempelajari bahasa Indonesia yang menjadi bahasa pemersatu bangsa.




Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: