Posted by: aldyno283 | May 28, 2010

Seberapa Mampukah Saya Dalam Menilai Waktu

Dalam kitab suci Al Qur’an surat Al-Ashr 1-3, disebutkan bahwa :

  1. Demi waktu,
  2. Sesungguhnya manusia dalam keadaan merugi.
  3. Kecuali orang-orang yang beriman dan berbuat kebaikan, dan saling menasihati untuk kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran.

Dari penggalan surat di atas, kita dapat mengambil hikmah bahwa dalam  menjalani waktu, ternyata manusia selalu dalam keadaan rugi. Apabila benar-benar direnungkan, kita manusia memang dalam keadaan merugi dalam hal memanajemen waktu. Sampai-sampai Allah Swt Yang Maha Agung pun telah memperingati kita dalam sabdanya.

Sebagai manusia biasa, saya akui memang sangat sulit untuk mengatur dan mengontrol waktu. Dalam sehari ada 24 jam, tetapi dirasa masih saja tidak cukup. Kadang waktu malam menjadi siang dan waktu siang menjadi malam. Tapi apabila direnungkan serta direview kembali, apakah sudah maksimal usaha kita memanfaatkan waktu tersebut? Tentu jawabannya bervariasi. Untuk diri saya pribadi memang belum maksimal memanfaatkan waktu yang ada. Saya sering lalai dalam memanfaatkan waktu yang ada.

Bagi kebanyakan orang, waktu adalah uang. Iya, tentu mereka yang menjunjung ungkapan tersebut adalah orang-orang yang telah berhasil mengatur dan memanfaatkan waktu secara maksimal. Mungkin, untuk waktu sekarang saya belum merasakan makna dari ungkapan tersebut. Karena mungkin saya belum merasakan susahnya mencari uang. Tetapi dari hati dan niat saya, ingin sekali bisa mengatur, membagi, serta memanfaatkan waktu betul-betul secara maksimal. Tidak ada lagi kelalaian dalam memanfaatkan waktu yang dirasa sangat berharga tersebut. Karena saya bertekad untuk menjadi seorang yang professional. Tentunya seorang professional dituntut untuk pandai memainkan waktu. Sehingga saya tidak lagi termasuk ke dalam orang-orang yang merugi.


Leave a Reply

Categories

