Posted by: aldyno283 | May 29, 2010

Cara Mengkritik Orang Lain

Kita sekarang hidup di zaman reformasi yang kental akan kehidupan berdemokrasi. Semua orang bebas mengeluarkan pendapatnya karena dijamin oleh pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945. Atas jaminan tersebut, maka semua masyarakat diberi kebebasan seluas-luasnya dalam mengeluarkan pendapat karena itu merupakan hak asasi kita sebagai warga Negara yang merdeka yang dilindungi oleh Negara.

Dalam konteks ini, saya ingin memaparkan sedikit tentang bagaimana cara yang terbaik untuk mengkritik orang lain. Dalam memberikan kritikan terhadap orang lain, kita tentu harus bersikap dan melihat secara obyektif dalam menilai apa yang seharusnya kita nilai. Jangan masukkan kesinisan pribadi ke dalam catatan untuk menyerang individu yang akan kita kritik.

Dalam menyampaikan kritik, kita juga harus menggunakan etika dan norma-norma yang ada. Jangan karena berpegangan dengan undang-undang tentang kebebasan mengeluarkan pendapat, kita lantas seenaknya dan sembarangan dalam menyampaikan kritikan terhadap orang lain. Berikanlah kritik dengan cara yang elegan, sehingga orang yang kita kritik tersebut dapat menerima dan mungkin menjadi masukkan serta koreksi untuk dirinya. Karena ada pepatah yang mengatakan “tak ada gading yang tak retak, tak ada satu pun manusia yang sempurna”. Dari pepatah tersebut kita tahu bahwa setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Maka dari itu, janganlah kita hanya selalu suka mencari kekurangan, kelemahan dan kesalahan orang lain, tapi cobalah untuk sedikit saja memberikan apresiasi terhadap kelebihan serta potensi yang dimiliki orang tersebut. Walau dalam bentuk sekecil apapun, apresiasi yang kita berikan tersebut dapat menjadi motivasi tersendiri bagi individu tersebut untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: