Posted by: aldyno283 | May 29, 2010

Sikap Dalam Menghadapi Kritikan

Kritikan merupakan  suatu tindakan yang dilakukan seseorang karena berbagai alasan antara lain karena kebiasaan, frustasi, bingung dan tertekan. Kritikan pasti membuat hati tidak nyaman, apalagi kalau yang melontarkan kritik adalah teman, keluarga atau bahkan orang lain yang belum mengetahui kepribadian kita seutuhnya.

Kita dikritik bukan berarti kita tidak dicintai, tidak dihormati maupun tidak disukai. Tetapi bisa juga karena seseorang ingin memberikan komentarnya tentang diri kita. Kritik bisa menjadi hal yang menyakitkan. Namun jika kritik yang diberikan memang beralasan, kritik bisa memberikan anda masukan baru untuk diri anda dan kehidupan anda.

Sikap terbaik yang mungkin perlu dicermati dan dilakukan dalam menghadapi kritikan adalah menerimanya dengan lapang dada, dan menyadari bahwa kritik seperti itu sesekali akan ditujukan pada kita. Kritik itu diibaratkan hujan yang kita tidak tahu kapan turunnya. Kita hanya tinggal membuka payung agar terlindung dari hujan. Jadi terimalah setiap kritikan dan tidak perlu terlalu  defensif jika dikritik, lambat laun dampaknya akan hilang dengan cepat.
Jika kita bereaksi terhadap kritikan, orang yang melancarkan kritik akan merasa dirinya benar dan akan terus mengkritik. Di lain pihak jika kita mengikhlaskannya tanpa membuat keributan, maka dorongan dan kebutuhan untuk melontarkan kritik akan hilang dengan sendirinya.


Responses

  1. jika kritik membangun, ambil. jika kritik karena dengki, jangan tanggapi

    • Setuju… Ambil semua yg positifnya, acuhkan semua yg negatifnya…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: