Posted by: aldyno283 | November 17, 2010

Work Breakdown Structure (WBS) Pada Website Sistem Pakar Penyakit Sapi

Pada prinsipnya Work Breakdown Structure (WBS) adalah pemecahan atau pembagian pekerjaan ke dalam bagian yang lebih kecil (sub-kegiatan). Dengan teknik ini kita dapat mengidentifikasi tugas-tugas yang spesifik untuk pengembangan, pengadaan, dan implementasi software yang dibutuhkan.

Alasan perlunya WBS adalah :

1.Pengembangan WBS di awal Project Life Cycle memungkinkan diperolehnya pengertian cakupan proyek dengan jelas, dan proses pengembangan WBS ini membantu semua anggota untuk lebih mengerti tentang proyek selama tahap awal.
2. WBS membantu dalam pengawasan dan peramalan biaya, jadwal, dan informasi mengenai produktifitas yang meyakinkan anggota manajemen proyek sebagai dasar untuk membuat perundingan.

Pada penulisan ilmiah system pakar penyakit sapi ini pembagian kerja untuk membangun aplikasi ini terdiri dari 2 karakter yang mengembangkannya , yaitu seorang pakar hewan ternak sapi dan programmer.

Gambar WBS Website Sistem Pakar Penyakit Sapi

Pengembangan WBS di awali dengan Project Life Cycle yang memungkinkan diperolehnya pengertian cakupan proyek dengan jelas, maka urutan proses (System Development Life Cycle) sebagai berikut :

• Kemungkinan (Feasibility)
Studi kelayakan ini digunakan untuk menentukan apakah proyek tersebut harus mendapatkan lampu hijau. Jika proyek ini adalah untuk melanjutkan, studi kelayakan akan menghasilkan rencana proyek dan perkiraan anggaran untuk tahap pembangunan masa depan.

• Kebutuhan Analisis dan Desain (Analisys and Design Needs)
Analisis mengumpulkan persyaratan untuk sistem. Tahap ini mencakup studi rinci kebutuhan bisnis organisasi. Pilihan untuk mengubah proses bisnis dapat dipertimbangkan. Desain berfokus pada desain tingkat tinggi seperti, program apa yang diperlukan dan bagaimana mereka akan berinteraksi, tingkat rendah desain (bagaimana program individu akan bekerja), desain antarmuka (apa antarmuka akan terlihat seperti) dan desain data (data apa yang akan diperlukan). Selama fase ini, secara keseluruhan struktur perangkat lunak didefinisikan. Analisis dan Desain sangat penting dalam siklus pengembangan keseluruhan. Setiap kesalahan pada tahap desain bisa sangat mahal untuk memecahkan dalam tahap akhir dari pengembangan perangkat lunak. Banyak perawatan diambil selama fase ini. Sistem logis dari produk ini dikembangkan di fase ini.

• Pelaksanaan (Implementation)
Pada tahap ini desain yang diterjemahkan ke dalam kode. Program komputer yang ditulis menggunakan bahasa pemrograman konvensional atau sebuah generator aplikasi. Pemrograman alat seperti Kompiler, Interpreter, debugger yang digunakan untuk menghasilkan kode. Yang berbeda bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti C, C + +, Pascal, Java digunakan untuk coding. Sehubungan dengan jenis aplikasi, bahasa pemrograman yang tepat dipilih.

• Pengujian (Testing)
Pada tahap ini sistem diuji. Biasanya program yang ditulis sebagai serangkaian modul individu, ini untuk tunduk dan rinci tes terpisah. Sistem ini kemudian diuji secara keseluruhan. Modul terpisah yang dibawa bersama-sama dan diuji sebagai sistem yang lengkap. Sistem ini diuji untuk memastikan bahwa antarmuka antara kerja modul (uji integrasi), sistem bekerja pada platform yang dimaksudkan dan dengan volume yang diharapkan data (uji volume) dan bahwa sistem melakukan apa yang user butuhkan (penerimaan / pengujian beta).

• Pemeliharaan (Maintenance)
Tak pelak sistem akan membutuhkan perawatan. Software pasti akan mengalami perubahan setelah disampaikan kepada pelanggan. Ada banyak alasan untuk mengubah. Perubahan bisa terjadi karena beberapa nilai masukan tak terduga ke dalam sistem. Selain itu, perubahan dalam sistem secara langsung dapat mempengaruhi operasi perangkat lunak. Perangkat lunak ini harus dikembangkan untuk mengakomodasi perubahan yang dapat terjadi selama periode pasca implementasi.

Gambar SDLC Sistem Pakar Pada WBS


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: